Popular Posts

Berbagai Pengertian Bronkiektasis Menurut Para Ahli

Berbagai Pengertian Bronkiektasis Menurut Para Ahli

Bronkiektasis adalah dilatasi bronki dan bronkiolus kronis yang mungkin disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk infeksi paru dan obstruksi bronkus; aspirasi benda asing, muntahan, atau benda-benda dari saluran pernapasan atas; dan tekanan akibat tumor , pembuluh darah yang berdilatasi, dan pembesaran nodus limfe. (Bruner & Suddarth)

Bronkiektasis adalah keadaan yang ditandai dengan dilatasi kronik bronkus dan bronkiolus ukuran sedang (kira-kira percabangan keempat sampai ke sembilan). (Sylvia dan Lorraine, 2006)

Bronkiektasis merupakan kelainan morfologis yang terdiri dari pelebaran bronkus yang abnormal dan menetap disebabkan kerusakan komponen elastis dan muscular dinding bronkus ( Soeparman & Sarwono, 1990)

Bronkiektasis adalah penyakit yang ditandai dengan dilatasi (ektasis) bronkus lokal patologis dan kronik disebabakan elemen-elemen elastis dan otot-otot polos bronkus. Umumnya pada bronkus kecil (medium size) (Passiyan Rahmatullah, 2006)

Bronkiektasis adalah dilatasi kronis yang abnormal serta destruksi dinding bronkus, dan dapat terjadi diseluruh percabangan trakeobronkial. (Kowalak, Welsh, Mayer, 2011)

Bronkiektasis berarti suatu dilatasi yang tak dapat pulih lagi dari bronchial yang disebabkan oleh episode pnemonitis berulang dan memanjang,aspirasi benda asing, atau massa ( mis. Neoplasma) yang menghambat lumen bronchial dengan obstruksi ( Hudak & Gallo,1997).

Bronkiektasis adalah dilatasi permanen abnormal dari salah satu atau lebih cabang-vabang bronkus yang besar ( Barbara E, 1998).

Bronkiektasis adalah dilatasi bronkus dan bronkhiolus kronis permanen. dilatasi bronkus terjadi secara setempat sampai pada jalan area bafas yang memasok bagian parenkim paru-paru. (Irman Soemantri, 2008)

Bronkiektasis adalah dilatasi permanen abnormal dari salah satu atau lebih cabang-vabang bronkus yang besar ( Barbara E, 1998).

Bronkiektosis adalah suatu perusakan dan pelebaran (dilatasi) abnormal dari saluran pernafasan yang besar. (www.medicastore.com)

Bronkiektasis - Pengkajian, Diagnosa Keperawatan dan Intervensi

Pathway Bronkiektasis ADS
0 Komentar untuk "Berbagai Pengertian Bronkiektasis Menurut Para Ahli"

Followers

I am a Nurse. Powered by Blogger.
Back To Top