Popular Posts

Posisi Tidur dan Kualitas Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil


Bagi ibu hamil tidur merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan adanya janin di dalam perut ibu hamil, maka akan memberikan ketegangan pada tubuh ibu, oleh karena itu ibu hamil cepat merasakan lelah dan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak. Ibu hamil harus memperhatikan posisi tidur yang baik dan kualitas tidur yang baik pula.

Berikut ini posisi tidur dan kualitas tidur yang baik untuk ibu hamil, supaya perkembangan janin baik, seperti dikutip dari coolhealthtips, antara lain:

1. Perbanyak Istirahat
Ibu hamil cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin selama kehamilan dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

2. Tetapkan Jam Malam
Biasakan tidur setiap malam diawali pada jam yang sama. Dengan mengawali tidur pada jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

3. Posisi Tidur dengan Kepala dan Leher Terangkat.
Posisi tidur dengan kepala dan leher diangkat dapat menurunkan asam lambung.

4. Hindari Mimpi Buruk
Pikiran yang penuh beban ketika pergi tidur kadang akan terbawa sampai ke mimpi. Untuk menghindari mimpi buruk, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan Anda dan hindari makan malam yang terlalu banyak.

5. Gunakan Bantal Tambahan
Pada saat kehalian memasuki trimester pertama, ibu hamil dapat menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih nyaman ketika tidur.

6. Pakailah Bantal Panjang
Ibu hamil akan dapat menikmati tidur yang lebih baik pada kehamilan trimester kedua dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

7. Tidur Miring ke Kiri
Cobalah untuk tidur miring ke kiri pada saat trimester ketiga supaya sirkulasi darah dapat ditingkatkan ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

8. Lakukan Aktivitas Kecil
Pada saat ibu hamil memasuki trimester ketiga, ibu hamil kadang tidak bisa tidur di malam hari. Cobalah lakukan beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk tidur kembali.

9. Atasi Kram Kaki
Ibu hamil kadang mengalami kram di kaki, untuk mengatasinya luruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.

Pada masa kehamilan ibu hamil membutuhkan waktu lebih banyak untuk beristirahat dan tidak stres karena hal ini akan menjamin pertumbuhan janin yang sehat. Hindarilah melakukan pekerjaan yang berat, olah raga yang teratur dan makan makanan yang bergizi.ADS
0 Komentar untuk "Posisi Tidur dan Kualitas Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil"

Followers

I am a Nurse. Powered by Blogger.
Back To Top