Popular Posts

Mengetahui Tanda, Gejala dan Pencegahan Malaria


Malaria adalah infeksi yang umum terjadi di tempat-tempat yang panas, beriklim tropis tetapi juga dapat terjadi (sangat jarang) di daerah beriklim sedang. Malaria merupakan penyakit yang serius, dapat ringan dan beberapa dapat mengancam jiwa. Malaria bisa disembuhkan jika diobati.

Hal ini disebabkan oleh parasit dari spesies Plasmodium, yang dibawa oleh nyamuk yang terinfeksi kemudian menggigit seseorang yang sudah memiliki penyakit. Malaria kemudian ditransmisikan ke orang lain ketika nyamuk yang terinfeksi menggigit mereka. Jarang ditularkan dari orang ke orang (dari ibu ke anak "malaria bawaan," atau melalui transfusi darah, donor organ, atau jarum suntik bersama).

Di seluruh dunia, 300-500000000 orang terinfeksi malaria setiap tahun. Sebagian besar kasus terjadi di sub-Sahara Afrika, Asia, Amerika Latin, dan sebagian Eropa.


Tanda dan Gejala Malaria

Gejala awal penyakit malaria dapat meliputi iritabilitas dan mengantuk, dengan nafsu makan yang buruk dan kesulitan tidur. Gejala-gejala ini biasanya diikuti dengan menggigil, kemudian demam dengan napas cepat. Demam mungkin secara bertahap meningkatk lebih dari 1 sampai 2 hari atau mungkin naik sangat mendadak sampai 105 ° F (40,6 ° C) atau di atas. Kemudian, demam berakhir dan suhu tubuh dengan cepat kembali normal, ada sebuah episode intens berkeringat.

Pola yang sama dari gejala - menggigil, demam, berkeringat - dapat mengulang pada interval 2 atau 3 hari, tergantung pada spesies tertentu dari parasit malaria yang menyebabkan infeksi.

Gejala lain dari malaria termasuk sakit kepala, mual, sakit dan nyeri di seluruh tubuh (terutama punggung dan perut), dan besar limpa yang abnormal. Kejang atau kehilangan kesadaran dapat terjadi jika malaria mempengaruhi otak. Jika hal itu mempengaruhi ginjal, jumlah urin yang dihasilkan mungkin abnormal rendah. Pada malaria falciparum, yang disebabkan oleh parasit Plasmodium falciparum, episode demam dan menggigil sangat intens, dan varietas ini dapat berakibat fatal pada sekitar 20% kasus.

Setelah parasit malaria memasuki aliran darah, mereka melakukan perjalanan ke hati dan berkembang biak. Setiap beberapa hari, ribuan parasit dilepaskan dari hati ke dalam darah, di mana mereka menghancurkan sel-sel darah merah.

Masa inkubasi malaria adalah waktu antara gigitan nyamuk dan pelepasan parasit dari hati. Ini bervariasi, tergantung pada parasit malaria yang menyebabkan penyakit. Secara umum, dapat berkisar dari 10 hari sampai satu bulan.

Dengan pengobatan, malaria biasanya dapat disembuhkan dalam waktu sekitar 2 minggu. Tanpa pengobatan, itu bisa berakibat fatal, terutama pada anak-anak yang kurang gizi.


Pencegahan Malaria

Jika Anda bepergian ke suatu wilayah dengan risiko tinggi malaria, Anda dapat menggunakan penolak nyamuk dan menggunakan kelambu di atas tempat tidur.

Periksa ke dokter Anda sebelum mengunjungi area tropis atau subtropis yang berisiko tinggi malaria. Dokter Anda dapat memberikan kepada Anda obat antimalaria untuk mencegah penyakit, yang perlu dimunum sebelum perjalanan. Beberapa vaksin malaria saat ini sedang dikembangkan dan diuji di seluruh dunia, tetapi karena parasit malaria memiliki siklus hidup yang rumit, itu membuat vaksin sulit untuk berkembang.ADS
0 Komentar untuk "Mengetahui Tanda, Gejala dan Pencegahan Malaria"

Followers

I am a Nurse. Powered by Blogger.
Back To Top