Popular Posts

Jaundice / Penyakit Kuning - Pengertian, Komplikasi, Tanda dan Gejala

Penyakit kuning (juga dikenal sebagai ikterus) adalah pigmentasi kekuningan pada kulit, selaput konjungtiva atas sklera yang (putih mata), dan membran mukosa lain yang disebabkan oleh kadar bilirubin darah tinggi. Hiperbilirubinemia ini kemudian menyebabkan tingkat peningkatan bilirubin dalam cairan ekstraseluler. Konsentrasi bilirubin dalam plasma darah biasanya di bawah 1,2 mg / dL (kurang dari 25μmol / L). Konsentrasi tinggi dari sekitar. 3 mg / dL (lebih dari 50μmol / L) menyebabkan penyakit kuning. Penyakit kuning istilah berasal dari kata Perancis jaune, yang berarti kuning.

Penyakit kuning sering terlihat pada penyakit hati seperti hepatitis atau kanker hati. Hal ini juga dapat menunjukkan leptospirosis atau obstruksi saluran empedu, misalnya dengan batu empedu atau kanker pankreas, atau kurang umum menjadi bawaan pada asal (atresia misalnya, bilier).

Perubahan warna kuning pada kulit, terutama pada telapak tangan dan telapak, tetapi bukan dari sclera dan selaput lendir (misalnya rongga mulut) adalah karena kondisi berbahaya penting untuk membedakan dari penyakit kuning yang karotenemia.

Tanda dan gejala

Gejala utama penyakit kuning adalah warna kekuningan dari area putih mata dan kulit. Urin berwarna gelap.

Konjungtiva mata adalah salah satu jaringan pertama yang berubah warna saat kadar bilirubin meningkat pada ikterus. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai ikterus scleral. Namun, sclera sendiri tidak "icteric" (diwarnai dengan pigmen empedu) melainkan selaput konjungtiva yang berbaring di atas mereka. Menguning dari "putih mata" demikian lebih tepat disebut ikterus konjungtiva. Istilah "ikterus" itu sendiri terkadang salah digunakan untuk merujuk pada penyakit kuning yang tercatat di sclera mata, namun arti yang lebih umum dan lebih benar adalah sepenuhnya identik dengan penyakit kuning.

Komplikasi

Komplikasi penyakit kuning termasuk sepsis terutama kolangitis, sirosis bilier, pankreatitis, koagulopati, ginjal dan gagal hati. Komplikasi lain yang terkait dengan penyakit yang mendasari dan prosedur yang digunakan dalam diagnosis dan manajemen penyakit individu. Kolangitis, terutama jenis supuratif (trias Charcot atau pentad Reynolds '), biasanya sekunder untuk choledocholithiasis. Hal ini juga dapat mempersulit prosedur seperti ERCP. Pengobatan harus mencakup koreksi koagulopati, anomali cairan / elektrolit, antibiotik dan drainase bilier dengan ERCP mana tersedia atau drainase trans-hati atau operasi.ADS
0 Komentar untuk "Jaundice / Penyakit Kuning - Pengertian, Komplikasi, Tanda dan Gejala"

Followers

I am a Nurse. Powered by Blogger.
Back To Top